بسم الله الرحمن الرحيم
كتاب احكام الطهارة
والكتاب لغة مصدر بمعنى الضم والجمع واصطلاحا
اسم لجنس من الاحكام
Kitab secara bahasa yaitu
dibentuk dari masdar yang mempunyai arti berkumpul. Adapun secara istilah yaitu
nama jenis dari beberapa hokum.
|
و
|
Adalah huruf ibtida’ karena berada diawal kata,
adapun harkatnya yaitu mabni sukun namun karena berada diawal kata atau
karena satu huruf maka dibaca fathah semata-mata untuk mempermudah saja.[1]
|
|
الكتاب
|
Menjadi mubtade’ yang dibaca rofak, sedangkan tanda rofaknya
yaitu dengan harkat dhommah karena isim mufrod (tunggal)
|
|
لغة
|
Dibaca nashob karena linaz’il khofid (membuang huruf
jar) dan takdirannya adalah فى لغة
sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Ibnu Malik : وان
حذف فالنصب للمنجر
|
|
مصدر
|
Menjadi khobar dari mubtade’ الكتاب yakni sebagai pelengkap sehingga menjadi kalam yang sempurna
dan dapat dipahami
|
|
بمعنى
|
Ba’ merupakan kalimat huruf yaitu huruf jar yang
meng-jarkan lafadz setelahnya. المعنى
dijarkan oleh Ba’ yangmana jar-nya dengan dikira-kira (تقديرا)
karena listsiqol (الثقال) . sedangkan
posisinya yaitu menjadi Mudhof.
|
|
الضم
|
Menjadi mudhof ilaih dari isim mudof yang berupa معنى
|
|
و
|
Huruf atof
|
|
الجمع
|
Dibaca Jar karena diatofkan pada lafadz sebelumnya
yaitu الضم
|
|
و
|
Huruf Atof
|
|
اصطلاحا
|
Diatofkan pada lafadz لغة
dan secara otomatis dibaca fathah karena membuang huruf jar (نزع الخافض)
|
|
اسم
|
Menjadi khobar dari mubtade’ yang dibuang. Yaitu
mengira-ngira lafadz هو
|
|
لجنس
|
Lam adalah huruf jar جنس
dijarkan oleh lam dan tanda jarnya yaitu dengan kasroh dhohir
|
|
من
|
Huruf jar mabni sukun
|
|
الاحكام
|
Dengan bentuk jamak taksir dari lafadz حكم ikut wazan افعال
sebagaimana pesan imam Ibnu Malik : وغيرما أفعل فيه مطرد # من الثلاث اسما
بأفعال يرد
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar