Senin, 10 November 2014



بسم الله الرحمن الرحيم
كتاب احكام الطهارة
والكتاب لغة مصدر بمعنى الضم والجمع واصطلاحا اسم لجنس من الاحكام
Kitab secara bahasa yaitu dibentuk dari masdar yang mempunyai arti berkumpul. Adapun secara istilah yaitu nama jenis dari beberapa hokum.     
و
Adalah huruf ibtida’ karena berada diawal kata, adapun harkatnya yaitu mabni sukun namun karena berada diawal kata atau karena satu huruf maka dibaca fathah semata-mata untuk mempermudah saja.[1]
الكتاب
Menjadi mubtade’ yang dibaca rofak, sedangkan tanda rofaknya yaitu dengan harkat dhommah karena isim mufrod (tunggal)
لغة
Dibaca nashob karena linaz’il khofid (membuang huruf jar) dan takdirannya adalah فى لغة sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Ibnu Malik : وان حذف فالنصب للمنجر
مصدر
Menjadi khobar dari mubtade’ الكتاب yakni sebagai pelengkap sehingga menjadi kalam yang sempurna dan dapat dipahami
بمعنى
Ba’ merupakan kalimat huruf yaitu huruf jar yang meng-jarkan lafadz setelahnya. المعنى dijarkan oleh Ba’ yangmana jar-nya dengan dikira-kira (تقديرا) karena listsiqol (الثقال) . sedangkan posisinya yaitu menjadi Mudhof.
الضم
Menjadi mudhof ilaih dari isim mudof yang berupa معنى
و
Huruf atof
الجمع
Dibaca Jar karena diatofkan pada lafadz sebelumnya yaitu الضم
و
Huruf Atof
اصطلاحا
Diatofkan pada lafadz لغة dan secara otomatis dibaca fathah karena membuang huruf jar   (نزع الخافض)
اسم
Menjadi khobar dari mubtade’ yang dibuang. Yaitu mengira-ngira lafadz هو
لجنس
Lam adalah huruf jar جنس dijarkan oleh lam dan tanda jarnya yaitu dengan kasroh dhohir
من
Huruf jar mabni sukun
الاحكام
Dengan bentuk jamak taksir dari lafadz حكم ikut wazan افعال sebagaimana pesan imam Ibnu Malik : وغيرما أفعل فيه مطرد # من الثلاث اسما بأفعال يرد


[1] الباكورة الجنية 39

Tidak ada komentar:

Posting Komentar